PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang kepada orang yang lain.
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Menurut Lasswell, terdapat lima unsur komunikasi, yaitu :
- Who (siapa/sumber)Pelaku utama atau pihak yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi.
- Says What? (pesan yang disampaikan)Apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada penerima (komunikan) dari sumber (komunikator), atau isi informasi.
- In Which Channel? (saluran/media)Media atau alat yang memfasilitasi penyampaian pesan dari sumber (komunikator) kepada penerima (komunikan) baik secara langsung maupun tidak langsung.
- To Whom? (untuk siapa/penerima)Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber.
- With What Effect? (dampak/efek)Dampak/efek yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan dari komunikator, seperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.
PENYALURAN IDE MELALUI KOMUNIKASI
Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila terdapat keterbatasan secara verbal, komunikasi masih dapat dilakukan dengan gerakan badan seperti misalnya tersenyum, menganggukkan kepala, ataupun mengangkat bahu. Dalam penyaluran ide atau solusi, harus ada pengirim (sender) dan penerima (receiver). Ide-ide yang diambil pun tak boleh sembarangan, tetapi harus disaring dan diseleksi yang terbaik untuk diterapkan ke organisasi demi mencapai tujuan bersama, serta visi-misi dari organisasi tersebut.
Tahapan-tahapan cara menyalurkan ide melalui komunikasi adalah sebagai berikut :
- Ide (gagasan) oleh sender.
- PerumusanSender merumuskan gagasan yang akan disampaikannya kedalam kata-kata.
- Penyaluran (transmitting)Sender menyampaikan ide nya secara lisan, tertulis, simbol, menggunakan isyarat, dll.
- TindakanPelaksanaan perintah-perintah dalam organisasi
- PengertianKata-kata yang disampaikan sender dalam perumusan dijadikan ide oleh receiver.
- Penerimaan
HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI
Hambatan yang biasa terjadi dalam komunikasi dibagi kedalam tiga jenis, yaitu :
- Hambatan TeknisHambatan ini timbul karena lingkungan memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan.
- Hambatan SemantikDefinisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau ide secara efektif.
- Hambatan Perilaku atau ManusiawiHambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan. Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi, usia, keadaan emosi, penyaringan informasi, keterampilan mendengarkan, dll.
KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
- Dari Segi Sifat
a. Komunikasi Lisan
b. Komunikasi Tertulis
c. Komunikasi Verbal
d. Komunikasi Non-Verbal - Dari Segi Arah
a. Komunikasi Keatas
b. Komunikasi Kebawa
c. Komunikasi Diagonal Keatas
d. Komunikasi Diagonal Kebawah
e. Komunikasi Horizontal
f. Komunikasi Dua Arah
g. Komunikasi Satu Arah - Menurut Lawannya
a. Komunikasi Satu Lawan Satu
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (Kelompok)
c. Komunikasi Kelompok Lawan Kelompok - Menurut Keresmiannya
a. Komunikasi Formal
b. Komunikasi Informal
FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN ORGANISASI
Faktor penyebab terjadinya perubahan pada organisasi dibagi dua, yaitu :
Faktor penyebab terjadinya perubahan pada organisasi dibagi dua, yaitu :
- Faktor Internal
a. Perubahan kebijakan pimpinan;
b. Perubahan tujuan;
c. Perluasan wilayah operasi tujuan;
d. Volume kegiatan bertambah banyak;
e. Sikap & perilaku para anggota organisasi. - Faktor Eksternal
a. Politik
b. Hukum
c. Kebudayaan
d. Teknologi
e. Sumber Daya Alam
f. Demografi
g. Sosiologi.
PROSES PERUBAHAN
Proses perubahan pada organisasi melalui tahapan sebagai berikut :
Proses perubahan pada organisasi melalui tahapan sebagai berikut :
- Mengadakan Pengkajian
- Mengadakan Identifikasi
- Menetapkan Perubahan
- Menentukan Strategi
- Melakukan Evaluasi
CIRI-CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Ciri-ciri pengembangan organisasi antara lain :
Ciri-ciri pengembangan organisasi antara lain :
- Merupakan usaha yang dilakukan secara berencana;
- Mencerminkan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus;
- Berorientasi pada masalah organisasi yang harus dipecahkan;
- Merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi;
- Merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi; dsb.
METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
- Sensitivity Training
Disebut juga T-group, teknik ini merupakan yang paling sering digunakan. - Team Building
Bertujuan memperdalam efektivitas serta kepuasan individu dalam kelompok kerja atau tim. - Survey Feedback
Dilakukan evaluasi hasil keseluruhan dan pengusulan perbaikan konstruktif dari hasil peninjauan kuisioner. - Transactional Analysis (TA)
TA berkonsentrasi pada gaya komunikasi antar individu, mengajarkan cara menyampaikan pesan yang jelas dan bertanggungjawab, serta cara menjawab yang wajar dan menyenangkan. - Intergroup ActivitiesBerfokus dalam hal peningkatan hubungan baik antar kelompok.
- Process Consultation
Mengamati tentang komunikasi, pola pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan, metode kerjasama dan cara pemecahan konflik dalam setiap unit organisasi. - Grip OD
Pendekatan yang didasarkan pada konsep manajerial grip yang diperkenalkan oleh Robert Blake dan Jane Mouton. Berorientasi maksimum pada aspek manusia maupun aspek produksi. - Third-Party Peacemaking
Pemanfaatan berbagai cara menengahi sengketa, serta teknik negosiasi untuk memecahkan berbagai persoalan atau konflik antar individu maupun kelompok.
PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan.
TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN
- Tipe Otokratis
- Tipe Laissez Faire
- Tipe Paternalistik
- Tipe Militeristik
- Tipe Demokratis
- Tipe Open Leadership
TEORI-TEORI KEPEMIMPINAN
- Teori Kelebihan
- Teori Sifat
- Teori Keturunan
- Teori Kharismatis
- Teori Bakat
- Teori Sosial
Referensi
- lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.3
- http://www.organisasi.org/1970/01/analisis-pengertian-komunikasi-dan-5-lima-unsur-komunikasi-menurut-harold-lasswell.html
- http://allfheim.com/komunikasi-bisnis/hambatan-dalam-komunikasi/
- http://dendibatinova.wordpress.com/2012/11/15/perubahan-dan-pengembangan-organisasi/